Peningkatan Kualitas Citra

Operator T dapat berupa : 
  • Kumpulan pixels (x,y) dari image 
  • Kumpulan dari ‘neighborhoods’ N(x,y) dari setiap pixel 
  • Kumpulan dari images f1,f2,f3,… 

Point Processing

  • Point processing, tetangga 1x1 piksel 
  1. Output pixel pada titik tertentu hanya bergantung pada input pixel pada titik tersebut dan tidak bergantung pada nilai pixel tetangganya 
  • g hanya bergantung pada nilai f pada posisi (x,y) 
  • T = fungsi transformasi gray level (atau intensitas mapping) g(x,y) = T[f(x,y)] 

Konversi RGB ke Graylevel

Ada tiga pendekatan 
  • Lightness Method Gray = (max(R, G, B) + min(R, G, B)) / 2 
  • Average Method Gray = (R + G + B) / 3 
  • Luminosity Method Gray = 0.21 R + 0.71 G + 0.07 B 

Transformasi Graylevel Dasar

  • Teknik perbaikan citra sederhana 
  • Nilai piksel sebelum dan sesudah proses dinotasikan dengan r dan s, dimana s=T(r) 
  1. Image Negative 
  2. Log Transformations 
  3. Power-Law Transformations 
  4. Piecewise-Linear Transformation Functions 


 Power-Law Transformations

Bentuk umum : 𝑠 = 𝑐𝑟 𝛾 dimana c dan 𝛾 = konstanta positif


 


Power-Law Transformations

Image terlalu banyak didominasi oleh warna cerah, maka diperlukan ekspansi nilai gray value dengan γ > 1
C=1 dan 𝛾=3, 4, dan 5 

 




Power-Law Transf : Algoritma

Algoritma proses transformasi Power-Law 
  • Ambil Citra (I) 
  • Jika I dalam RGB konversikan ke Graylevel 
  • Tentukan nilai konstanta c 
  • Tentukan nilai konstanta 𝛾 
  • Untuk setiap baris pada indeks x, lakukan 
  • Untuk setiap kolom pada indeks y, lakukan 
  • Hasil(x,y) = c *( I(x,y)^ 𝛾) 
  • Tampilkan Hasil

Piecewise-Linear Transformation Functions

  1. Contrast Stretching
  2. Menghasilkan nilai contrast yang lebih besar dari image original, dengan cara : 
  • Menggelapkan (darkening) level dibawah m dari image asli.
  • Mencerahkan (Brightening) level yang berada di atas m dari image asli. 

Contrast Stretching


 



Fungsi Transformasi

Lokasi dari (r1 ,s1 ) dan (r2 ,s2 ) menjadi kontrol dari bentuk fungsi transformasi. 
  • Bila r1= s1 dan r2= s2 transformasi adalah fungsi linear dan hasilnya adalah tidak ada perubahan image. 
  • Bila r1=r2 , s1=0 dan s2=L-1, transformasi akan berubah menjadi sebuah fungsi thresholding yang menghasilkan sebuah binary image.

Binerisasi

Menghasilkan image biner (two level image)

 



Bangun citra untuk setiap bit array tersebut ke dalam citra Hasil 

Tampilkan Hasil 

Operasi Aritmatika dan Logika

Operasi Arithmetic/logic melibatkan dua atau lebih image yang masing-masing dikenakan operasi pixel per pixel. 

Arithmetic Operations 

Addition, Subtraction, Multiplication, and Division

Logic Operations 

AND, OR, NOT

Aritmatika : Image Substraction 

Selisih/difference dari dua imageyang hampir sama untuk melihat feature tertentu dari image dengan melihat perbedaan dari dua image tersebut. 

Notasi g(x,y) = f(x,y) – h(x,y) 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengenalan Citra Digital

Morfologi Citra

Dasar-Dasar Citra Digital